ores
  • about
  • contact
  • sitemap

Panduan Lengkap Membuat WordPress Blog

9 February 2018

Sebelum lebih jauh membahas tentang panduan lengkap membuat wordpress blog, ada baiknya kita mengenal apa itu wordpress. WordPress merupakan salah satu dari sekian banyak penyedia CMS gratis yang dapat digunakan untuk membuat blog. WordPress menyediakan pilihan bagi penggunanya untuk membuat blog dengan hosting terpisah ataupun dengan menginduk di web wordpress itu sendiri. Blog saya ini adalah salah satu contoh blog yang dibuat dengan menggunakan CMS wordpress yang dibangun menggunakan hosting terpisah. Jadi pengguna bebas menggunakan nama domain contohnya ores.web.id. Jika dibangun menginduk maka domain akan menginduk pula dengan domain wordpress. contohnya hanyacontoh.wordpress.com.

wordpress blog
 

Pada artikel saya kali ini, saya fokuskan untuk membahas tentang cara membangun blog menggunakan CMS wordpress dengan hosting terpisah. Jadi kita bebas berkreasi dan tentunya nantinya blog kita akan memiliki nama unik.

Ada beberapa step dalam membangun wordpress blog dari nol sebelum siap untuk diisi konten dan dapat dinikmati oleh seluruh warga jagad raya maya ini. Secara umum step by stepnya  yaitu :

  • Install web server ( host )
  • Install wordpress di localhost
  • Membuat template wordpress
  • Menyiapkan domain dan hosting
  • Upload wordpress, setup, dan optimasi wordpress
  • Selesai

Mengapa perlu menginstall web server di PC atau Laptop ? step ini diperlukan untuk membuat atau men-setup perangkat kita seolah olah menjadi sebuah hosting, sehingga lebih dikenal dengan istilah localhost. Localhost ini diperlukan orang seperti saya agar lebih mudah dalam mengotak atik script blog karena sedikit menggunakan jaringan internet atau busa dikatakan tanpa koneksi internet dalam penggunaannya. Jika anda memiliki kuota melimpah, anda bisa melewati step ini.

Mengapa perlu membuat template sendiri ? template atau themes blog kita umpamanya adalah baju buat blog kita. Tentunya kita ingin memiliki baju yang unik, beda, yang bisa menjadi ciri khas kita. Bisa saja anda membeli template premium. Atau menggunakan template gratisan yang banyak disediakan oleh wordpress sendiri atau pihak ketiga yang lain.

Mengapa perlu menyiapkan domain dan hosting ? karena sejak awal tutorial ini dibuat untuk anda yang ingin memiliki blog dengan hosting terpisah dari domain wordpress. Jadi, istilahnya anda memerlukan sebuah alamat beserta tempatnya untuk anda tinggali. Dalam hal ini anda membutuhkan sebuah hosting untuk tempat tinggal script wordpress dan domain sebagai alamatnya.

Itulah beberapa poin penting dalam Panduan Lengkap Membuat WordPress Blog. Nantikan artikel selanjutnya yang akan membahas setiap poin dengan panduan step by stepnya.

COMMENTS

Leave a Reply