ores
  • about
  • contact
  • sitemap

Merakit Powerbank DIY

13 January 2020

pada kesempatan ini saya mencoba menulis tentang merakit powerbank DIY alias do it yourself atau dalam bahasa keren-nya nggawe dewe. mungkin muncul sebuah pertanyaan yaitu mengapa tidak beli yang sudah jadi saja, kan bertebaran dimana mana dan harganya murah seperti kacang goreng. eits jangan salah, sekarang kacang goreng itu harganya mahal. apalagi sekarang banyak varian rasa-nya. seperti itu …

baiklah, tidak usah banyak bicara tentang kacang, langsung saja saya ulas. berangkaaattt … (tepuk jidat)

latar belakang

awalnya saya tidak tertarik sama powerbank.  sejak jaman smartphone masih unyu – unyu dan itu itu model dan merk-nya sampai jaman now yang tumpeh tumpeh macemnya dari yang berponi sampai yang bertompel, dari yang kamera ganda sampe kamera kesebelasan, saya tetap tidak kepikiran memiliki powerbank. justru saya merakit rangkaian agar smartphone saya bisa di cas ketika naik motor. kapan – kapan lah saya tulis rangkaian sederhana agar bisa ngecas hp pake aki tank motor. walau sekarang banyak yang jual tapi gapapa buat menuhin konten blog.

nah, memasuki ulang tahun yang ketiga, batre si hape sudah mulai lelah, mudah tersinggung, daya tahan lemah, sering pilek, dan kadang cacingan sehingga gak seru kalo diajak bepergian. iseng iseng cari batre pengganti namun daya tahan batre pengganti juga sepuluh duapuluh alias sama saja aka sami mawon.

bermula dari hal tersebut diatas, saya memantabkan diri untuk beli hape baru.

tarara … hape baru gaes

kebahagiaan tidak berlangsung lama karena hape baru tersebut [mode sedih] produk gagal sehingga gak apik (saya tidak kuasa menahan sedih jika harus menceritakan detailnya). singkat kata singkat cerita pendek biaya dan banyak acara sehingga saya memutuskan untuk membeli powerbank.

namun, dompet saya tidak 100% rela untuk melepas beberapa lembar isinya untuk ditukar powerbank. setelah browsing sana browsing sini, meditasi beberapa hari dan puasa mutih dan laku tirakat akhirnya saya bikin kopi, hehehe …

nah, disaat menikmati kopi itu saya kepikiran untuk merakit sendiri powerbank dengan memanfaatkan batre tanktop leletop bekas. segera buka baju shop-onlen dengan nama sebut saja tokobelio dan mencari serta membandingakan beberapa produk yaitu casing powerbank dan batre laptop bekas, memasukkan ke keranjang belanja dan menutup aplikasi karena saya kembali berfikir murah mana sih beli jadi dan ngerakit sendiri.

analisis

sejenak saya menghitung secara nominal,

casing 60 ribuan, batre bekas sebiji 10 ribuan, sedangkan saya pengen bikin yang gede sekalian biar greget yaitu yang berisi 8 cell batere. total yaitu sekitar 140 ribuan. total kapasitas sekitar 16000 mAh.

kalo beli dengan harga segitu yang bagus paling dapet 6000 sampe 10000 mAh. yang abal – abal bisa dapet 10000 mAh tapi dapet 3 biji powerbank.

[gambar nyomot dari google]
secara perawatan,

kalo beli jadi, ntar tiba saatnya batre lemah maka saya harus beli lagi satu unit.

kalo ngerakit tinggal buka dan ganti cell yang udah lemah udah ON lagi.

[gambar nyomot dari google]

kesimpulan

akhirnya saya memilih ngerakit sendiri powerbank. saya buka lagi tokobelio dan cek-ot pembelian, bayar, lalu nunggu barang datang.  sekitar 3 hari menunggu akhirnya si abang barang datang. cek sana cek sini tes sana tes sini selfie sana sini dan tararara … powerbank rakitan siap digunakan.
beneran gede dan berat lho, bisa untuk latihan angkat beban dan ganjal tempat tidur.

demikian cerita merakit powerbank DIY ala saya, karena keterbatasan dana tapi ingin mendapat barang tepat guna akhirnya ya berusaha sekuat tenaga dan seadanya hahaha …

COMMENTS

Leave a Reply