ores
  • about
  • contact
  • sitemap

4 Cara Menikmati Kopi

5 July 2018

Suatu pagi dihari masuk kerja seperti biasa sebelum melakukan aktivitas coding, saya menyempatkan membaca koran online sambil sesekali meneguk kopi panas yang saya buat dengan racikan sesuai selera saya sendiri. Melirik cangkir bersanding dengan botol minum tiba – tiba muncul inspirasi untuk menulis tentang cara menikmati kopi. Setidaknya versi saya sendiri jadi mungkin tidak berlaku buat anda. Dan Alhamdulillah saya bisa menikmati momen – momen seperti ini karena saya sadar tidak banyak kantor yang memberikan fasilitas seperti yang saya dapatkan saat ini.

OK skip —

Menikmati kopi memang berbeda dengan menikmati mie walaupun keduanya sama – sama memakai air panas sebagai penyempurnanya. Jika mie, enak dinikmatin di sebuah mangkok dibanding dinikmatin disebuah botol. Haha becanda, oke langsung saja inilah pengalaman saya dalam menikmati kopi rumahan alias bukan kopi café karena dompet saya tidak suka ngafé.


cara menikmati kopi

Menikmati kopi dalam cangkir

Ini cara default umum dalam menikmati kopi. Karena pada umumnya orang menyeduh kopi didalam cangkir. Ada dua jenis cangkir yang pernah saya gunakan untuk menyeduh kopi. Cangkir kecil sekitar 150 ml dan cangkir besar sekitar dua kali lipat dari cangkir kecil.

Dari segi kenikmatan, saya lebih menikmati menyeduh kopi dengan cangkir kecil karena kopi akan saya habiskan kurang dari satu jam. Frekuensi menyeruput menengah ke cepat sehingga kondisi suhu kopi akan masih tetap ada panas – panasnya dan juga tidak eneg karena over budget.

Namun ketika saya sedang terlelap kalap karena pekerjaan yang lumayan menantang, terkadang kopi cangkir besar menjadi pilihan saya. Bukan kenikmatan yang saya utamakan melainkan biar tenggorokan saya ada kerjaan dan tidak bolak – balik nyeduh kopi. Dari sisi kenikmatan menurut saya 30% nikmat selebihnya eneg. Untuk mengakali rasa eneg maka frekuensi nyeruputnya jadi lama, sehingga kopi bisa menjadi dingin.

Menikmati kopi dalam gelas

Seperti dalam menyeduh kopi didalam cangkir, ada dua gelas yang saya gunakan. Gelas kecil dan gelas es besar. Dari sisi kenikmatan, hampir sama dengan menyeduh kopi didalam cangkir kecil. Namun dari sisi kenyamanan kurang nyaman karena ketika memegang gelas, akan terasa panas. Otomatis menunggu agak dingin dan itu mengurangi kenikmatan dalam berkopi ria.

Menyeduh kopi dalam gelas besar sungguh kurang nikmat dan kurang nyaman plus eneg, jadi hampir saya meninggalkan cara ini kecuali kepepet tidak ada wadah lain hahaha …

Menikmati kopi dalam botol termos

Nilai plus dari botol termos adalah kemampuan menjaga suhu. Jadi sampai sekitar 4 jam suhu kopi akan tetap panas. Namun dari sisi rasa, kopi jadi agak terasa masam karena mungkin kafein akan banyak keluar karena kopi terendam lebih lama. Dari sisi kenikmatan juga kurang bisa dinikmati. Namun untuk penunjang pekerjaan yang menyita waktu lama atau perjalanan jauh, pilihan menikmati kopi dalam botol termos bisa menjadi alternative yang tepat

Menikmati kopi cair instant

Terus terang saya belum menemukan rasa kopi siap minum tanpa diseduh dulu yang pas dengan selera saya. Menikmati kopi jenis ini bagi saya adalah ketika sudah sangat kepepet banget dan kondisi tidak memungkinkan untuk menyeduh kopi.

Kopi dicangkir hampir habis dan saya harus segera bermain kode, kemudian bagaimana cara anda menikmati kopi ???

COMMENTS

Leave a Reply