ores
  • about
  • contact
  • sitemap

Cara Install GUI di Centos 7 Minimal

5 August 2018

Tulisan ini merupakan trilogi lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yaitu tentang bagaimana cara install centos 7 versi minimal. Dan seperti yang saya bilang, karena versi minimal maka setelah selesai install tampilannya cuman item, boro – boro wallpaper cantik khas linux, panah kursor mouse aja gak ada. Karena itulah muncul sebuah kekhawatiran dalam diri saya. Saya khawatir client akan protes keras bahkan sampai demo dan menuntut saya dengan alasan saya melakukan kebohongan. Kata saya PC selesai diinstall tapi setelah dinyalakan cuman item bahkan setelah login tetep item. Jadi, karena saya ketakutan baik sehingga saya memutuskan untuk mengintall GUI dan mencatat Cara Install GUI di Centos 7 Minimal agar dapat menjadi catatan indah dalam hidup saya.

Setelah mencari dan terus mencari akhirnya saya nemu tutorial untuk install GUI. Saya coba tapi gagal, dan setelah saya merenung ternyata sebabnya adalah PC yang saya install belum terhubung dengan jaringan internet. Terus terang saya tidak bingung cuman lupa cara setting network melalui terminal di linux. Dengan tidak terpaksa saya cari tutorial untuk setting network dan alhamdulillah nemu disini

Biar aman, login sebagai root

ketik “nmtui” tanpa tanda kutip kemudian enter. Akan muncul tampilan sederhana sebagai berikut :

Setup-network-on-centos-7
Gunakan panah asmara pada keyboard untuk navigasi dan enter untuk memilih opsi tersebut. Dari GUI sederhana tersebut anda akan lebih mudah setting network card atau wifi walau tak seindah merpati semudah di windows yang tinggal klak klik.

Setelah selesai kemudian ketikkan “systemctl restart network” tanpa tanda kutip kemudian enter.

Selamat, PC anda telah terkoneksi dengan jaringan internet.

Setelah PC terkoneksi dengan internet, lanjut ke proses install GUI. masih di jendela yang sama ( ya iyalah, kan cuman satu itu tampilan dari centos 7 minimal ) ketik :

yum groupinstall “X Window System”

tunggu sampai selesai

yum install gnome-classic-session gnome-terminal nautilus-open-terminal control-center liberation-mono-fonts

tunggu sampai selesai

unlink /etc/systemd/system/default.target

tunggu sampai selesai

ln -sf /lib/systemd/system/graphical.target /etc/systemd/system/default.target

tunggu sampai selesai

reboot

dan tarara … centos 7 minimal udah pakai baju alias GUI jadi sudah bisa di klik sana sini

cara-install-gui-centos-7-minimal

Demikian Cara Install GUI di Centos 7 Minimal semoga bermanfaat

COMMENTS

Leave a Reply