ores
  • about
  • contact
  • sitemap

Cara Install Centos 7 Minimal

5 August 2018

Sebelum fokus ke pembahasan Cara Install Centos 7 Minimal, ada baiknya saya jabarkan awal mula cerita ini. Berawal dari permintaan client yang menginginkan OS gratis untuk digunakan sebagai web server php, maka saya sebagai seorang ayah dari dua orang anak segera mencari referensi, OS apakah yang tepat untuk ditemplokkan ke PC si client tersebut. Setelah meditasi dan relaksasi, saya memutuskan untuk mengeliminasi sekian banyak distro linux dan memilih 2 pilihan utama serta beberapa alternatif jika pilihan utama saya gagal. Dua distro linux tersebut jatuh kepada CENTOS dan DEBIAN.

Mengapa saya memilih CENTOS dan DEBIAN ? karena setau saya, shared hosting yang ada dipasaran rata – rata memakai centos sebagai sistem operasinya. Jadi saya berkesimpulan bahwa centos adalah pilihan tepat untuk memberikan jawaban atas permintaan client. Namun disisi lain, saya sama sekali belum pernah menyicip centos, jadi saya harus memilih opsi lain jika nanti ada kendala dalam proses menginstall dan mengkonfigurasi centos. Pilihan kedua jatuh kepada DEBIAN karena debian adalah nenek moyang dari ubuntu, elementaryOS, BlankOn, dan banyak lagi, saya berfikir bahwa debian akan mudah dikonfigurasi jadi aman untuk dipilih.

skip — lanjut ke proses

cara-install-centos-7-minimal
 

PC yang saya install memiliki processor Intel XEON E5606 dengan RAM 16 G dan memang didedikasikan untuk server dan karena ini pertama kali saya mencicip centos, saya memilih versi minimal. Oke, biar seperti web tutorial yang lain, inilah cara install centos 7 untuk web server

Siapkan Flashdisk minimal 2G kemudian jadikan file ISO agar bootable USB menggunakan RUFUS. Saya mencoba menggunakan Unetbootin hasilnya proses stuck sebelum GUI installer muncul dan saya tidak mencoba menggunakan aplikasi lain, jadi saya sarankan menggunakan rufus saja untuk membuat bootable USB-nya.

Setelah booting dan mengarah ke USB akan muncul tulisan tulisan yang saya sendiri tidak mau membaca apalagi menghafalnya. Tunggu saja hingga muncul GUI seperti gambar dibawah ini

 

cara-install-centos-7-minimal-2
 

Silahkan disetting sesuai dengan keyakinan anda masing – masing.

Sangat penting untuk anda perhatikan adalah, settinglah network dan koneksi anda dengan benar. Pastikan setelah proses install, PC anda bisa dan mampu terhubung dengan koneksi internet dan jaringan lainnya jika anda tidak ingin mengalami hal indah seperti yang saya alami yaitu PC tidak dapat terhubung dengan koneksi internet. tapi tenang, nanti saya kasih tau solusinya.

Setelah semua terisi termasuk destinasi instalasi ( ditandai dengan aktifnya tombol “begin Installation” ) proses install akan segera berjalan. Silahkan nikmati kopi dan beberapa camilan yang anda punya karena proses akan berjalan beberapa menit.

Setelah selesai PC akan reboot dan tarara … server anda siap digunakan untuk kepentingan lebih lanjut. Tapi jangan harap anda akan menemukan tampilan cantik seperti elementaryOS atau blankon karena centos 7 minimal ternyata tidak disertakan GUI, jadi tampilannya cuma item seperti saya dengan beberapa baris puisi tulisan / perintah.

 

cara-install-centos-7-minimal-3
 

Monggo dicoba jika anda berminat untuk meracik server dengan centos 7. Jika anda tidak mau repot, saya sarankan jangan memilih versi minimal. Sekian tulisan mengenai Cara Install Centos 7 Minimal semoga bermanfaat

 

SUMBER :

panduan lengkap saya dalam install centos 7 adalah dari TECMINT.COM silahkan kesana jika informasi yang anda dapatkan dari blog saya ini tidak lengkap

 

COMMENTS

Leave a Reply